Thursday 16 July 2015

Kesepakatan Nuklir Iran Berbuah Naiknya Harga Minyak

Kesepakatan Nuklir Iran Berbuah Naiknya Harga Minyak
Img: Illustrasi 


NY,  Tepat di hari selasa kemarin kesepakatan nuklir iran berbuahkan naiknya harga minyak dunia. Kesepakatan nuklir Iran dengan beberapa negara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Tiongkok, Jerman, Rusia, Prancis, dan Tionkok membahas pembatasan penggunaan nuklir maupun produksi per level. 

Dari perjanjian tersebut yang telah dilakukan sanksi yang diberikan AS, Uni Eropa dan PBB akan dicabut jika pemerintah Iran serius menanggapi perihal membatasi program nuklirnya. pencabutan sanksi ekspor minyak terhadap iran akan dilakukan secara bertahap mengingat Iran adalah negara eksportir minyak mentah terbesar keempat.

"Minyak dari Iran akan membutuhkan waktu untuk kembali, kemungkinan besar baru masuk lagi ke pasar pada semester II 2015," kata analis perminyakan Amrita Sen dilansir dari Reuters, Rabu (15/7/2015).
Sebuah survei Reuters memperkirakan, Iran akan dapat meningkatkan ekspor minyak mentah oleh hanya 60 persen dalam setahun.

Harga minyak mentah jenis Brent ditutup naik US$ 66 sen atau 1,1 persen menjadi US$ 58,51 per barel. Harga telah jatuh hampir US$ 2  dari sebelumnya, ditopang berita dari kesepakatan nuklir Iran.

Harga minyak jenis West Texas Intermediate melonjak US$ 84 sen atau 1,6 persen menjadi US$ 53,04 setelah turun sebelumnya berada di level US$ 50,38 per barel.

Dalam perdagangan usai kesepakatan tersebut, harga minyak Brent dan WTI naik sekitar 2 persen, setelah American Petroleum Institute (API) melaporkan penurunan 7,3 juta barel dalam stok minyak mentah AS pekan lalu.

Di Timur Tengah, pasukan Teluk Yaman berhasil merebut kembali bandara internasional Aden dari pejuang milisi Houthi Iran usai melewati pertempuran berat, menambah ketegangan geopolitik sekitar pasokan minyak dari kawasan itu. (Ndw/Gdn) 

Share this

0 Comment to "Kesepakatan Nuklir Iran Berbuah Naiknya Harga Minyak"

Post a Comment