Friday 20 March 2015

Menang Lelang, Perusahaan Migas Baru Bisa Petik Hasil 10 Tahun Lagi


Ilustrasi Drilling


Jakarta -PT Pertamina (Persero), Petronas Carigali, Shell Exploration dan perusahaan minyak dan gas bumi (migas) lainnya, hari ini memenangkan lelang 11 wilayah kerja (blok) migas, dengan total investasi US$ 144,25 juta tahun ini. Namun, hasil migas yang didapat baru akan dirasakan 7-10 tahun lagi.

"Komitmen pemenang lelang wilayah kerja Tahap I 2014, tahun ini saja mereka harus investasi US$ 144,25 juta, nilai yang sangat besar dibandingkan lelang sebelumnya. Apalagi total signature bonus (bonus tanda tangan) yang harus dibayarkan ke pemerintah senilai US$ 12 juta dan itu harus dibayar di depan sebelum penandatangan kontrak," ujar Pelaksana Tugas Dirjen Migas, IGN Wiratmaja Puja, di kantornya, Plaza Centris, Kuningan, Jakarta Rabu (18/3/2015).

Wirtat mengatakan, namun berapa besar potensi pendapatan minyak atau gas bumi yang didapatkan termasuk berapa tambahan produksi migas nasional belum bisa diketahui.

"Mereka harus seismik, studi G&G (Geologi dan Geofisika), melakukan pengeboran sumur eksplorasi dan sebagainya, baru bisa diketahui berapa potensi atau produksi migas yang didapat," kata Wiratmaja.

Bahkan kata Wiratmaja, untuk dapat merasakan hasil seperti Petronas harus investasi tahun ini mencapai US$ 68 juta di dua blok migas yang dimenangkannya tahun ini yakni, Blok Kualakurun dan North Madura II, baru bisa dirasakan hasilnya 7-10 tahun lagi.

"Hasil migasnya nggak mungkin tahun ini, 7 tahun lagi itu pun kalau semuanya cepat, seperti ngurus perizinan, survei seismik, dan eksplorasi yang memakan waktu 3-4 tahun, tapi normalnya baru bisa dirasakan hasilnya 10 tahun lagi," ungkapnya.

Bila dalam eksplorasi yang memakan biaya jutaan-puluhan juta dolar, perusahaan migas ini tidak berhasil mendapatkan migas yang ekonomis, maka risiko ditanggung sendiri alias pemerintah tak akan mengganti.


(rrd/hen) 

Rista Rama Dhany - detik.com

Share this

0 Comment to "Menang Lelang, Perusahaan Migas Baru Bisa Petik Hasil 10 Tahun Lagi"

Post a Comment