Wednesday 21 October 2015

Peran Geologist Dalam Eksplorasi Ladang Minyak


Geologist
Ilmu geologi berperan penting sejak tanggal 5 Oktober tahun 1915, waktu penemuan sebuah ladang minyak di Mid-Continent. Sumurnya dibor oleh Wichita Natural Gas, sebuah anak perusahaan Cities Service Company yang menemukan ladang minyak El Dorado seluas 34 mil persegi di Kansas tengah.Awalnya sumur Stapleton No. 1 memproduksi 95 bph dari kedalaman 600 kaki, sebelum dibor lagi sampai sedalam 2500 kaki dan memproduksi 110 bph dari formasi pasir Wilcox. Sumur-sumur yang lain segera dibor di sebelah timur Wichita.

Penemuan minyak setahun sebelumnya di dekat Augusta telah meminta sesepuh El Dorado agar menyewa geologis negara bagian untuk melakukan suatu studi geologi di daerah sekitarnya.
Dengan pertama kali memakai metode survei ilmu geologi, Cities Service telah mengidentifikasi suatu antiklin yang menjanjikan dan kemudian menyewa tanah seluas 30.000 hektar dekat kota El Dorado di propinsi Butler. Hasil kerja lapangan mereka menguraikan Antiklin El Dorado.

Ilham geologist sumur ini membuat Gulf Oil, Standard Oil dan perusahaan-perusahaan lain untuk mempekerjakan Geologist. Para petinggi industri seperti Archibald Derby, John Vickers dan William Skelly menyatakan perusahaan-perusahaan penghasil dan penyuling minyak di El Dorado berterimakasih pada ladang minyak ditahun 1915 itu. Jadi berawal dari ide tersebut, kemudian tidak ada perusahaan minyak di dunia ini yang akan mengebor sebuah sumur tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang Geologist.

Sebelum tahun 1915, Geologist hanya dianggap seperti tukang sulap dan tidak berguna. Mereka hanya dipandang sebagai tukang obat atau dukun klenik. Dari situlah yang mendasari perubahan kemajuan dan menyatakan bahwa Geologi sebagai salah satu ilmu yang penting dalam industri perminyakan.

Waktu Amerika terlibat dalam PD I, perkembangan ladang minyak meningkat dan di tahun 1918 lapangan El Dorado memproduksi 29 juta barel minyak. Selagi jumlah sumur di propinsi Butler berlipat ganda, Oil Hill berubah menjadi "kota perusahaan" terbesar di dunia dengan jumlah penduduk 8500 orang. Sumur Stapleton No. 1 yang berproduksi sampai tahun 1967, sekarang banyak dikunjungi wisatawan - dikenal sebagai Museum Minyak Kansas. Di sana terdapat pameran alat-alat industri perminyakan seluas 20 hektar, model-model pengilangan bersejarah setempat, dan sebuah tempat rekreasi yang menggambarkan jalan utama kota waktu berhasilnya minyak pada tahun 1920.
Maka boleh bangga & berbahagialah kepada teman-teman yang pernah menjadi wellsite Geologist, atas peran & jasa kalyanlah, sehingga industri perminyakan dunia bisa berkembang pesat seperti sekarang ini. BTeditor

Share this

0 Comment to "Peran Geologist Dalam Eksplorasi Ladang Minyak "

Post a Comment