Monday 5 October 2015

Titik Terang Blok Masela, Maluku

http://Teknik-Perminyakan-Indonesia.blogspot.co.id
Maps: Inpex Corporation Field Abadi
Masela Block - Maluku



Blok Masela merupakan kawasan kilang minyak dan gas yang terletak di  laut Arafura, Maluku. Salah satu sumur yang diunggulkan dari blok tersebut adalah Lapangan Abadi, yang ditaksir Inpex bisa memproduksi gas sebesar 421 juta standar kaki kubik gas per hari (million standard cubic feet per day/mmscfd) dan kondensat sebanyak 8.400 barel per hari.

Inpex Coporation sudah melakukan kontrak sejak tahun 16 November 1998 untuk ekplorasi lapangan dan kemudian 30 Desember 2008 ada persetujuan sementara POD 1 dari Menteri ESDM dibawah kabinet SBY. dan  pada tanggal 6 Desember 2010 disetujui POD 1 lapangan Abadi.

Inpex mengungkap rencananya meningkatkan kapasitas FLNG di Blok Masela, menyusul ditemukannya cadangan gas baru. Untuk itu, Inpex akan menambah train dari satu unit menjadi tiga unit, dengan estimasi investasi mencapai US$ 14 miliar.  

Keterangan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral, Teguh Pamudji memastikan keputusan atas rekomendasi yang disampaikan SKK Migas terkait revisi plan of developmen (POD) untuk revisi I Lapangan Abadi, Blok Masela kepada Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said ditargetkan akan rampung tanggal 10 Oktober 2015 mendatang.

Pembangunan storage LNG terapung adalah konsep teknologi yang ingin diterapkan oleh inpex tetapi menurut Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said meminta di Blok Masela dilakukan pembangunan kilang melalui fasilitas didarat mengunakan pipanisasi (onshore) dan bukan membangun LNG. Untuk menyelesaikan hal tersebut, telah dilakukan pembicaraan yang telah dilakukan kedua Kementerian.

Dan yang terpenting proyek ini akan membangkitkan industri diwilayah Indonesia Timur - Maluku, Sudirman Said pun menuturkan bahwa bila proyek ini sudah mencapai finaly dan berproduksi maka akan menyerap ribuan SDM Indonesia dan titik terang untuk energi Indonesia.

Sumber :
http://www.esdm.go.id
http://www.cnnindonesia.com
http://economy.okezone.com
http://liputan6.com




Share this

2 Responses to "Titik Terang Blok Masela, Maluku"

  1. Syukurlah...berarti negeri ku Maluku bukanlah propinsi termiskin ke 4, spt diisukan orang...

    ReplyDelete